Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Cara Buat Kolom Absen Di Excel – Bagi Anda yang baru memulai bisnis, presensi merupakan salah satu persiapan yang penting, dan salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan membuat spreadsheet presensi di Excel.

Membuat daftar absensi karyawan menggunakan excel sudah umum dilakukan oleh banyak pemilik bisnis baru karena dianggap lebih mudah dibandingkan absensi manual.

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Rumus Excel COUNTIF digunakan untuk menghitung setiap laporan ketidakhadiran, sedangkan format kondisional digunakan untuk mewakili laporan ketidakhadiran yang berbeda.

Membuat Lembar Daftar Hadir Praktik Kerja Lapangan (pkl) Dengan Microsoft Word

Dalam contoh ini, karena jatuh pada bulan Agustus, maka tanggal 17 disorot dengan warna merah karena merupakan hari libur nasional.

Harap dicatat bahwa ketidakhadiran ini berlaku selama satu bulan. Cukup salin dan tempel format yang sama untuk bulan berikutnya ke dalam lembar baru.

Langkah selanjutnya dalam memformat template kehadiran karyawan di Excel secara otomatis adalah dengan menunjukkan hari kerja.

Misalnya, hari kerja dapat ditandai dengan huruf H untuk menunjukkan ketidakhadiran dan kehadiran, sedangkan hari libur yang ditandai dengan warna merah dapat dibiarkan kosong.

Cara Membuat Timesheet Di Excel Praktis Untuk Karyawan

Lalu masukkan total untuk tanggal tersebut di sel sebelah kanan. Karena ada enam tanggal merah.

Langkah selanjutnya dalam membuat format template absensi karyawan di excel yang juga tersedia online secara otomatis adalah menampilkan informasi absensi.

H (Sekarang), C (Wisuda), S (Sakit), I Izin (Izin), A (Tidak Ada).

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Notasinya adalah satu blok sel berisi informasi keberadaan. Artinya, seperti yang terlihat pada gambar, sel dimulai dari D6 hingga AH10.

Cara Menambah Kolom Di Excel Android Dan Pc, Terbukti Mudah!

Misalnya C adalah singkatan dari Vacation, dan huruf C bisa kamu isi pada kolom sebelah kanan. Kemudian pilih Format Kustom dari kolom kiri.

Selanjutnya akan muncul kotak dialog Format Sel. Sebenarnya langkah ini gratis. Saya ingin menekankan warna karakter atau warna sel.

Pada contoh ini, warna kuning berarti liburan (C), biru berarti sakit (S), hijau berarti izin (I), dan abu-abu berarti ketidakhadiran tanpa izin (A).

Di kotak dialog ini, pilih warna untuk setiap deskripsi dan klik OK. Lakukan hal yang sama untuk informasi lainnya.

Cara Praktis Membuat Absensi Otomatis Di Microsoft Excel

Namun yang jelas, ini hanya untuk memudahkan ilustrasi penggunaan conditional formatting di Excel saat Anda tidak memiliki karyawan.

Misalnya pegawai A hadir pada suatu hari maka akan ditampilkan sebagai H, jika pegawai A tidak hadir karena izin maka akan ditampilkan sebagai I, dan seterusnya.

Penggunaan format kondisional selanjutnya secara otomatis menunjukkan bahwa informasi yang hilang adalah sesuatu yang bukan Saat Ini (H), yaitu informasi yang bukan Idin (I), Sakit (S), Potong (C), atau Hilang (A).

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Setelah mempelajari cara membuat template absensi karyawan dalam format excel otomatis, Anda juga akan mempelajari cara membuat ringkasan online seperti di bawah ini, dan cara membuat presensi online digital berbasis Android dengan mudah di perangkat seluler Anda.

Contoh Format Absensi Siswa Pdf Untuk Guru Dan Staff

Pertama, masukkan “Current (H)” sebagai informasinya, lalu masukkan rumus =COUNTIF(D6:AH6;”H”) pada sel AI6 (lihat gambar). D6 sampai AH6 adalah rentang data kehadiran Aldi.

Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada sel yang berdekatan untuk informasi pemotongan (C), cuti sakit (S), liburan (I), dan ketidakhadiran (A). Dengan kata lain, ganti informasi H pada rumus sebelumnya dengan informasi lain. surat penjelasan

Setelah memasukkan semua informasi, Anda dapat menarik atau menarik data ke bawah di setiap [Sel informasi secara otomatis terisi data].

Jika ya, cukup masukkan rumus (misal = Jumlah Peserta / Jumlah Hari * 100%) secara manual pada sel atau kolom yang menampilkan tingkat kehadiran.

Cara Membuat Tombol Print Macro Dari Nomor Sampai Nomor Pada Aplikasi Excel

Untuk lebih mudah memahami cara ini, Anda dapat mendownload file tutorial excel Cara Membuat Absensi Karyawan di Excel Secara Otomatis dan merangkumnya secara online pada link dibawah ini.

Terakhir, karena data di Excel biasanya hanya berisi satu tipe data, pengelolaan ketidakhadiran menggunakan Excel memerlukan waktu lebih lama.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan data kehadiran untuk penggajian, Anda harus mencocokkannya secara manual dengan data lainnya.

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Artinya, meskipun data di Excel dapat dihitung secara otomatis, peran Anda sebagai pengguna juga dapat menyebabkan kesalahan atau kesalahan perhitungan.

Aplikasi Penulisan Ijazah Dan Cetak Skl 2023 Terbaru

Anda juga dapat menggunakan aplikasi simpeg cloud untuk mengelola data kehadiran karyawan dengan lebih mudah dan mengelola kinerja karyawan dengan lebih efektif.

Di era digital, Anda mungkin tidak hanya mengandalkan data dalam format Excel saja, namun juga teknologi yang lebih kompleks seperti software absensi.

Ada beberapa kelebihan program absensi online yang tidak bisa digunakan untuk absensi karyawan melalui file excel, antara lain:

Penulis telah membuat konten tentang HR dan bisnis selama dua tahun. Selain karya tulisnya, Jordi juga sehari-hari aktif terlibat dalam fotografi analog.

Aplikasi Form Absen Kelas Bimbel Dengan Excel

Sayangnya, versi demo produk saat ini hanya dapat diakses melalui browser desktop/laptop. Ganti perangkat Anda atau hubungi kami secara gratis. Cara mudah membuat rumus kehadiran otomatis menggunakan excel. Rumus membuat segala sesuatu yang Anda lakukan lebih akurat. Dan banyak kesalahan yang bisa terjadi saat mencetak.

Setiap kehadiran atau daftar kehadiran, baik aktif maupun tidak, mencakup peserta dari waktu, hari, atau periode kelas yang berbeda.

Rumus Excel mempermudah segalanya tanpa harus mengonversi setiap kelas.

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Data kedua disajikan dalam bentuk daftar hadir atau daftar kehadiran rutin, selain nama anggota juga ditampilkan hari/tanggal, waktu, bahan, sumber daya, dan lain-lain.

Cara Membuat Template Absensi / Absen Karyawan Di Excel Online

Cetak Nomor 1 pada kolom H pada gambar merupakan kolom yang memanggil data setiap periode kelas yang akan dicetak.

Jika ada tambahan materi atau jam pelajaran setelah rumus selesai, masukkan pada jadwal yang diketahui sebelum baris terakhir agar data baru masuk pada form kehadiran.

Jika Anda memasukkan data berikut tanpa menempelkannya, maka data baru tidak akan ditulis ke rumus yang telah dibuat sebelumnya.

Anda tidak dapat memasukkan data tambahan, tetapi Anda harus mengubah sel $F$10 ke kolom yang terakhir diisi di lembar jadwal.

Warung Belajar Excel

Tags: absensi otomatis, belajar rumus excel, cara membuat program absensi di excel, cara membuat rumus absensi otomatis di excel, cara membuat rumus absensi di excel, cara mudah membuat rumus absensi harian di excel, contoh laporan absensi karyawan di excel excel, microsoft excel, rumus absensi otomatis, rumus absensi, rumus registrasi kehadiran, rumus excel, rumus excel absensi sidik jari, rumus excel absensi pegawai, rumus excel kehadiran pegawai, rumus excel office manager, rumus vlookup, cara membuat excel tutorial absensi excel kehadiran karyawan dan Contoh – Bagaimana cara membuat kehadiran karyawan di Excel? Anda mungkin memiliki pertanyaan berikut saat mencari atau menemukan artikel ini:

Bagi beberapa usaha kecil, kehadiran merupakan aspek yang sering dilupakan. Hal ini menyebabkan kekacauan di kantor dan seringkali mengakibatkan karyawan tidak datang tepat waktu.

Banyak pengusaha baru yang enggan menggunakan sistem pelacakan kehadiran untuk bisnisnya karena biayanya yang mahal. Anda juga dapat menggunakan Formulir Kehadiran Excel kami yang gratis dan sederhana.

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Membuat absensi di Microsoft Excel sangatlah sederhana. Yang perlu Anda ketahui hanyalah cara menggunakan rumus COUNTIF dan alat pemformatan bersyarat. Kedua aspek ini paling penting dalam membuat ketidakhadiran karyawan menjadi hal yang luar biasa bagi perusahaan Anda.

Cara Membuat Aplikasi Absen Karyawan Dengan Ms Access

Sedangkan alat pemformatan bersyarat digunakan untuk memberikan simbol atau indikasi untuk setiap pernyataan yang hilang. Nantinya, Anda dapat menggunakan teks atau warna pilihan Anda untuk menentukan bagaimana informasi kehadiran karyawan ditampilkan di Excel.

Lembar absensi karyawan excel biasanya dibuat bersamaan untuk 30 hari atau 1 bulan ke depan. Jadi, Anda dapat menyalin dan menempelkan format awal ini, membuat beberapa penyesuaian agar sesuai dengan setiap kalender kerja, dan menggunakannya bulan depan.

Agar kalender ini lebih mudah dibaca, Anda dapat menggunakan spidol merah untuk menandai hari libur dan menggunakan warna berbeda untuk informasi ketidakhadiran seperti sekarang, liburan, liburan, sakit, pantang.

Excel memiliki format absensi karyawan seperti pada contoh di atas. Langkah selanjutnya adalah memberikan informasi tentang hari kerja setiap karyawan.

Cara Membuat Aplikasi Excel Untuk Database

Misalnya, jika ada karyawan yang datang hari itu, kolom yang tersedia dapat ditandai dengan huruf H yang artinya “saat ini”. Selanjutnya untuk lebih jelasnya C adalah Keluar, S adalah Sakit, Saya Setuju, dan A adalah Tunggu.

Fitur pemformatan bersyarat memungkinkan Anda menulis deskripsi H, I, S, C, A dalam berbagai warna. Sehingga akan lebih mudah untuk mencatat data kehadiran karyawan bulanan di Excel.

Menggunakan fitur pemformatan bersyarat sangat sederhana. Anda dapat memblokir semua kolom input informasi ketidakhadiran seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Kemudian klik tombol Conditional Formatting pada menu Home dan pilih Cell Selection Rules. Kemudian cukup pilih aturan “Sama dengan…”.

Cara Membuat Sertifikat Online Dengan Google Form

Nah, jika Anda sudah melalui semua langkah di atas, maka Anda akan melihat kotak dialog berisi gambar di bawah ini.

Kolom kiri digunakan untuk mengisi huruf yang mewakili informasi yang hilang, sedangkan kolom kanan memungkinkan Anda memilih warna untuk mengisi sel atau kolom yang hilang dengan huruf di atas.

Contoh gambar di atas menggunakan huruf H untuk menandakan “Presence” dan warna hijau “Self Format…” untuk menandakan kehadiran seorang karyawan.

Ketika huruf H terisi pada sel atau kolom yang sebelumnya terkunci, maka secara otomatis akan berubah menjadi hijau sesuai dengan format custom yang ditentukan. Tentu saja Anda bisa memilih warna apa saja sesuai selera Anda.

Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel Dengan Mudah

Selanjutnya, Anda dapat melakukan hal yang sama untuk informasi ketidakhadiran lainnya. Mulai dari persetujuan, penarikan diri, sakit, dan abstain. Tentunya Anda bebas memilih warna mana yang ingin Anda gunakan.

Pemformatan bersyarat memungkinkan Anda menggunakan warna khusus untuk memudahkan memahami absensi karyawan di Excel.

Dengan begitu, proses pembuatan laporan absensi karyawan di Excel menjadi lebih mudah dan menghemat waktu Anda karena tidak perlu lagi menandai atau mengubah warna secara manual.

Cara Buat Kolom Absen Di Excel

Cukup masukkan setiap sel atau kolom.

Mudah! Ini Cara Membuat Kop Surat Di Excel Buat Para Pemula

Leave a Comment