Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi – Kadar gula darah yang tinggi meningkatkan risiko berbagai penyakit, termasuk diabetes, dalam jangka pendek maupun panjang. Oleh karena itu, menjaga kadar gula darah tetap normal sangatlah penting, terutama bagi penderita diabetes. Bagaimana cara menurunkan gula darah?

Orang dengan kadar gula darah tinggi menghadapi berbagai masalah kesehatan. Gula darah normal harus antara 70 dan 130 mg/dl sebelum makan dan di bawah 180 mg/dl setelah makan. Untuk mengontrol kadar gula darah, ada beberapa cara menurunkan gula darah secara alami.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh diubah menjadi gula yang digunakan sebagai energi. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengurangi karbohidrat dan meningkatkan protein, serat, dan vitamin dapat menurunkan kadar gula darah.

Gejala Gula Darah Tinggi, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Mengurangi karbohidrat dan memperbanyak asupan protein dan serat tidak cukup untuk menurunkan kadar gula darah. Porsi makan juga harus dikontrol dengan cermat. Bagi penderita diabetes, pola makannya harus sesuai anjuran dokter.

Cara alami lain untuk menurunkan kadar gula darah adalah dengan minum air putih. Menurut Medical News Today, minum cukup air dapat mencegah dehidrasi dan membantu ginjal menghilangkan gula dari tubuh melalui urin. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang banyak minum air putih berisiko mengalami kadar gula darah rendah.

Mengontrol stres merupakan salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Stres meningkatkan gula darah dalam tubuh. Saat stres, otak mengirimkan sinyal untuk memproduksi hormon glukagon dan kortisol. Pelepasan hormon tersebut menyebabkan peningkatan gula darah secara tiba-tiba.

Olahraga teratur dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan ideal serta meningkatkan sensitivitas insulin. Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel-sel Anda dapat memanfaatkan gula darah dengan lebih baik. Olahraga juga membantu otot menggunakan gula darah untuk energi dan kontraksi otot.

Gimana Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Makanan?

Jika Anda memiliki masalah gula darah, sebaiknya periksakan kadar gula darah Anda secara rutin ke dokter. Ini akan mengajarkan Anda bagaimana merespons berbagai aktivitas untuk menghindari kadar gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Beberapa olahraga yang membantu menurunkan gula darah antara lain jalan cepat, bersepeda, hiking, dan berenang.

Peningkatan asupan serat juga secara alami menurunkan gula darah. Serat mendukung pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Serat terdiri dari dua jenis: serat tidak larut dan serat larut. Namun, serat larut adalah jenis yang terbukti meningkatkan kontrol gula darah.

Selain itu, pola makan tinggi serat dapat membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan lebih baik dengan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kadar gula darah. Banyak makanan kaya serat termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

Cara cepat menurunkan kadar gula tinggi, cara cepat menurunkan kadar gula darah, cara cepat menurunkan kadar gula dalam darah, cara menurunkan kadar gula darah 400, menurunkan kadar gula tinggi, cara menurunkan kadar gula dalam darah, cara menurunkan kadar gula, obat menurunkan kadar gula tinggi, makanan menurunkan kadar gula darah, obat menurunkan kadar gula darah, cara menurunkan kadar gula tinggi, menurunkan kadar gula dalam darah

Leave a Comment