Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel – HR saat ini membutuhkan solusi untuk mencatat kehadiran karyawan. Jika Anda seorang pemilik bisnis atau pengusaha. Salah satu aspek penerapan manajemen personalia yang baik adalah mengatur kehadiran pegawai agar aturan dan SOP dipatuhi. Registrasi kehadiran ini dapat dilakukan secara manual maupun otomatis secara online (permintaan kehadiran online). Namun pada artikel berikut ini mari kita bahas lebih detail bagaimana cara membuat contoh form absensi karyawan menggunakan Google Sheets.

Absensi online sudah menjadi tren bagi banyak perusahaan saat ini karena membutuhkan banyak waktu dan biaya untuk absensi manual atau registrasi kehadiran yang terkadang tidak akurat dan perhitungan gaji karyawan salah.

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Semakin populernya teknologi cloud dan Internet of Things juga menyebabkan perkembangan penting dalam kehadiran karyawan di perusahaan yang menggunakan aplikasi seluler. Dengan aplikasi absensi berbasis mobile web, karyawan dapat melakukan absensi dimanapun dan kapanpun hanya dengan bermodalkan smartphone.

Membuat Jadwal Pelajaran & Jadwal Kelas Tahun Ajar 2024

Di Indonesia sendiri, aplikasi presensi online sudah mulai banyak ditemukan, baik di Playstore maupun Appstore. Salah satunya adalah aplikasi absensi karyawan online yang berbasis cloud storage dan memiliki berbagai fitur yang dapat mendukung fungsi HRD dalam mengelola kehadiran karyawan dan absensi karyawan dengan cepat, mudah, efektif dan efisien.

Selain itu, kehadiran online juga menjadi tren untuk mencegah penularan Covid-19 karena adanya kekhawatiran akan penyebaran virus jika digunakan perangkat resmi seperti sidik jari. Hanya dengan smartphone, karyawan dapat melakukan absensi secara lebih personal hanya dengan satu tangan.

Absensi online masih memiliki keunggulan dibandingkan dengan absensi sidik jari, mulai dari menghemat biaya perawatan, kemudahan pemantauan kehadiran karyawan dengan sistem GPS, lebih sedikit penipuan dan sistem teknologi pengenalan wajah yang lebih aman yang secara otomatis data Absensi tersimpan di server cloud yang aman, dapat digunakan oleh pegawai yang bekerja secara remote atau di kantor, data absensi bersifat real time dan yang terpenting dapat mengurangi penyebaran virus.

Meski banyak perusahaan yang tidak menggunakan aplikasi absensi online seperti itu, namun tetap saja ada beberapa perusahaan yang nyaman menggunakan formulir khusus untuk mencatat kehadiran karyawan dalam formatnya sendiri. Hal ini mungkin disebabkan karena jumlah pegawai di kantor masih bisa diatur hanya dengan menggunakan formulir absensi online.

Cara Mudah Menambahkan Ceklis Ke Excel

Bagi perusahaan yang belum menggunakan aplikasi absensi online, kehadiran Google Sheets atau Microsoft Excel dapat membantu HRD mencatat kehadiran karyawan dan membuat ringkasan kehadiran serta menghitung gaji karyawan.

Semua informasi ini disajikan dalam bentuk tabel agar mudah dikumpulkan. Jika format absensi yang digunakan tidak valid, pihak HRD pasti akan kesulitan dalam menetapkan ambang batas baru data penghitungan gaji sesuai bagian yang ada.

Namun perlu diingat bahwa setiap perusahaan mempunyai format pencatatan absensi dan kehadiran karyawannya masing-masing. Baik untuk jadwal reguler atau berubah. Namun, komponen umum yang harus ada pada lembar kehadiran karyawan antara lain:

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Pembuatan format absensi ini juga akan mempengaruhi besaran gaji yang akan diterima oleh karyawan. Apabila format yang digunakan tidak jelas dan tidak mencerminkan waktu kehadiran atau kepulangan secara akurat, maka hasil perhitungan gaji akan menyimpang dari harapan.

Ini Contoh Buku Kas Umum Yang Biasa Digunakan!

Hal ini tentunya akan merugikan perusahaan dan karyawan karena kemungkinan menerima upah yang tidak memadai dan mengurangi rasa loyalitas karyawan. Selain itu, HR akan lebih mudah melihat tingkat kedisiplinan karyawan, memahami tren cuti tahunan, mengatur ritme kerja sehari-hari, dan menilai kemajuan karir karyawan. Untuk itu, sangat penting bagi HRD untuk memahami format kehadiran karyawan yang baik dan benar.

Di bawah ini adalah contoh formulir absensi online yang dapat Anda gunakan di kantor Anda. Anda juga dapat mendownload file pada link berikut: Formulir Absensi Online

Keuntungan menggunakan formulir absensi online adalah HRD dapat mengedit berkas secara real time dan mengawasi langsung pejabat senior yang berwenang, selain itu juga memudahkan untuk memasukkan kembali absensi karyawan. Sehingga pandangannya akan transparan dan bisa diobservasi langsung.

Semoga artikel ini dapat menambah panduan Anda mengenai sumber file lengkap untuk HR atau manajemen sumber daya manusia. Contoh form presensi online karyawan ini bisa di request untuk kebutuhan bisnis atau perusahaan. Jika dirasa cukup sulit dan tidak mudah untuk menggunakan formulir ini secara manual. Anda dapat menggunakan solusinya. Klik di sini atau isi formulir 30 hari gratis di bawah untuk mempelajari lebih lanjut tentang manajemen kehadiran online otomatis sederhana. Cara Membuat Presensi di Google Form dan Spreadsheet – Belakangan ini banyak perusahaan yang beralih dari presensi manual ke presensi digital. Absensi Digital Mencatat kehadiran secara digital melalui perangkat digital masing-masing pengguna.

Cara Membuat Absen Online Di Google Form Paling Mudah

Ada banyak platform yang menawarkan berbagai fasilitas untuk mencatat kehadiran karyawan. Beberapa yang paling populer adalah Google Forms dan Google Spreadsheets.

Kedua produk Google Workspace ini dapat menyimpan data kehadiran karyawan dengan mudah dan gratis. Kedua produk ini juga diyakini dapat menggantikan proses absensi tradisional yang mengharuskan karyawan Anda datang langsung ke proses absensi online. Apakah Anda tahu cara melakukannya?

Google Formulir adalah produk Google Workspace yang digunakan untuk membuat survei atau kuesioner digital. Kehadiran Google Forms selanjutnya akan menjadi halaman yang dapat dibagikan kepada seluruh karyawan Anda sebagai link. Tautan ini dapat diakses di perangkat digital jenis apa pun, baik itu smartphone, PC, laptop, atau tablet.

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Membuat presensi di Google Form tidaklah sulit. Langkah-langkah di bawah ini akan menjelaskan lebih detail cara membuat kehadiran online di Google Form. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan cermat.

Membuat Absen Dan Rekap Absen Menggunakan Google Formulir

Setelah memahami cara membuat presensi di Google Form, selanjutnya mari kita bahas cara membuat presensi di spreadsheet.

Berbeda dengan Google Forms yang mengumpulkan data melalui kuesioner, spreadsheet merupakan wadah bagi seluruh karyawan untuk merangkum data yang tersedia dalam bentuk tabel seperti Excel.

Pada tabel tersebut, Anda dapat memasukkan informasi yang tersedia, sedang berlibur, sedang berlibur atau bahkan sakit.

Spreadsheet dapat mengumpulkan seluruh data kehadiran karyawan dalam satu tabel, sehingga informasi kehadiran pada spreadsheet menjadi lengkap.

Contoh Cara Membuat Form Absensi Online Di Google Form

Mengelola absensi melalui Google spreadsheet dan formulir tidak memakan banyak biaya, namun memakan banyak waktu karena semuanya harus dilakukan dari awal.

Karyawan Anda hanya perlu melakukan selfie untuk melakukan absensi, kemudian data kehadiran karyawan akan otomatis terekam beserta informasi lokasi dan waktu secara real-time.

Ia juga memiliki fungsi kehadiran seluler (fungsi jam masuk/keluar) dimana perangkat lunak mencatat absensi masuk dan keluar.

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Caranya mudah, klik di dalam jam dan ambil foto selfie, maka informasi lokasi akan terekam dari GPS dan waktu juga akan terekam secara real time. Untuk mematikan jam atau mematikan jam, Anda bisa melakukannya dengan langkah yang sama seperti mematikan jam.

Cara Membuat Absen Kelas Online Menggunakan Google Form

Absensi terjadi secara online dan memerlukan jaringan yang stabil. Namun, jika Anda berada dalam situasi di mana jaringan Anda tidak stabil atau offline, Anda tetap dapat melakukan absensi dalam mode offline.

Kehadiran Anda akan disimpan sementara, setelah Anda berada dalam situasi jaringan yang stabil, data Anda akan otomatis masuk ke server. Cukup sederhana, bukan?

Poin Penting Kehadiran dan Disiplin Pegawai dalam Sistem Kerja Shift di Tim HR Rumah Sakit | 16 September 2021 | Baca 7 menit

Contoh Absensi dan Disiplin Karyawan Cara Membuat Form Absensi Online di Google Forms HR Team | 30 Mei 2023 | Baca 7 menit

Membuat Absen Online Menggunakan Appsheet

Syarat Disiplin Kehadiran Pegawai dan Jam Kerja Pegawai Sesuai UU Cipta Kerja Tim HR | 4 Februari 2022 | Baca 7 menit

Kehadiran dan Disiplin Karyawan 5 Alasan Pentingnya Meningkatkan Kinerja Karyawan di Tim HR | 14 September 2023 | Baca 7 menit

Tim HR dengan Aplikasi GPS Palsu Absensi Karyawan dan Disiplin Lokasi Absensi Online | 18 Agustus 2022 | Baca 7 menit

Cara Merekap Absen Dari Google Form Ke Excel

Kehadiran dan disiplin karyawan Struktur modern dan jenis aturan ketenagakerjaan, HR harus mengetahui tim HR | 16 November 2023 | Baca 7 menit Artikel ini ditulis oleh Katie Double. Katie Double adalah editor teknologi dan penulis di wikiHow. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dalam dukungan teknis, analisis proses TI, dan penelitian kuantitatif. Katie senang mengeksplorasi penggunaan berbagai alat teknologi, mulai dari analisis dan visualisasi data hingga produksi dan pertunjukan musik. Berasal dari Denver, Colorado, Katie saat ini tinggal di Selandia Baru. Ia menerima gelar BA di bidang Psikologi dari University of Colorado Boulder.

Cara Untuk Mencetak Tanggapan Dari Google Forms

Wiki ini mengajarkan Anda cara mencetak tanggapan yang dikirim ke Google Formulir yang Anda buat. Anda bisa mencetak setiap respons dalam tampilan formulir utama, yang menampilkan formulir lengkap untuk setiap pengguna atau responden. Jika Anda ingin semua data yang masuk dalam bentuk tabel, Anda dapat mengekspor jawabannya ke spreadsheet Google Sheets atau dokumen MS Excel, lalu mencetak lembar atau dokumen tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Katie Double. Katie Double adalah editor teknologi dan penulis di wikiHow. Beliau memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun dalam dukungan teknis, analisis proses TI, dan penelitian kuantitatif. Katie senang mengeksplorasi penggunaan berbagai alat teknologi, mulai dari analisis dan visualisasi data hingga produksi dan pertunjukan musik. Berasal dari Denver, Colorado, Katie saat ini tinggal di Selandia Baru. Ia menerima gelar BA di bidang Psikologi dari University of Colorado Boulder. Artikel ini telah dilihat 9.434 kali. Dengan bantuan teknologi digital, tugas ini menjadi sangat mudah. Pelajari cara membuat kehadiran online untuk siswa Anda menggunakan Google Formulir.

Membuat presensi menggunakan Google Forms adalah cara yang mudah. Di tengah pesatnya perkembangan era digitalisasi, kami mendorong masyarakat untuk berkembang secara kreatif dan inovatif dengan menggunakan teknologi digital terkini. Mendukung aktivitas sehari-hari yang rutin dan perlu meninjau data

Cara merekap absen dari google form, membuat absen google form, bikin absen google form, google form untuk absen, cara merekap absen di excel, absen di google form, absen online google form, cara merekap absen di google form, absen menggunakan google form, google form absen, cara membuat absen google form, cara bikin absen google form

Leave a Comment