Membuat Link Absen Di Google Form

Membuat Link Absen Di Google Form – Di era digital saat ini, formulir kehadiran online seperti Google Formulir adalah salah satu solusi yang dapat digunakan oleh bisnis untuk menggantikan metode tradisional dalam mengelola kehadiran.

Google Forms sendiri dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja, dan tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam untuk membuat atau mengelola formulir akses.

Membuat Link Absen Di Google Form

Membuat Link Absen Di Google Form

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan Google Forms, Anda dapat dengan mudah membangun traffic yang praktis dan efektif.

Google Form Membuat Daftar Hadir Pertemuan Online Dengan Mudah

Lihat di bawah untuk petunjuk langkah demi langkah tentang cara menggunakan Google Formulir untuk absensi online

Pertama, buka browser web dan buka halaman Google Formulir atau klik di sini. Pastikan Anda memiliki Akun Google dan login. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu.

Setelah masuk ke halaman Google Forms, klik tombol “+ Blank” atau “Create” untuk membuat form baru. Anda akan dibawa ke jendela pengeditan formulir.

Kemudian isi nama form tersebut, seperti “Daftar Kehadiran” atau “Daftar Absen Pegawai”. Anda juga dapat menambahkan deskripsi singkat.

Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Menggunakan Google Form

Selanjutnya, Anda dapat mengganti “Pertanyaan” atau “Pertanyaan Tanpa Judul” dengan “Komentar”. Tambahkan tanggal di kolom kanan atas.

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan terkait ketidakhadiran, seperti orangnya, misalnya “Nama Lengkap”. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai, seperti formulir singkat untuk nama atau pertanyaan pilihan ganda untuk daftar nama.

Di bawah “Beberapa Opsi” atau “Formulir Singkat”, ​​tambahkan opsi atau opsi baru yang memenuhi kebutuhan kehadiran Anda. Misalnya jika menggunakan pilihan ganda, masukkan nama karyawan sebagai pilihan jawaban. Jika menggunakan formulir yang disingkat, pegawai hanya perlu memasukkan nama lengkap.

Membuat Link Absen Di Google Form

Google Formulir memungkinkan Anda mengubah tampilan formulir agar sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, gambar latar belakang, atau mengatur tema warna. Klik Opsi Tema di bagian atas halaman untuk mengakses pengaturan ini.

Cara Membuat Absensi Online Dengan Google Form Untuk Siswa

Setelah menyesuaikan formulir akses, klik tombol “Bagikan” atau “Kirim” di sudut kanan atas halaman. Anda dapat mengirimkan link formulir melalui email, menyalin link untuk dibagikan melalui chat, atau menyematkan formulir di website Anda.

Setelah karyawan melengkapi lembar waktunya, Anda dapat langsung melihat dan menganalisis data yang dikumpulkan. Anda dapat mengakses data ini melalui Google Spreadsheet yang ditautkan ke formulir atau melalui tampilan Responses di halaman Google Forms.

Salah satu fitur di Google Forms yang memudahkan akses adalah formulir pilihan ganda. Fitur ini memungkinkan Anda membuat jadwal karyawan dengan opsi yang lebih kompleks.

Klik tombol +Kosong atau Baru untuk membuat formulir baru. Anda juga dapat memilih formulir yang sudah ada dari daftar formulir yang tersedia di akun Anda.

Membuat Absen Online Dengan Google Form Dan Terekap Otomatis

Klik kolom “Tambahkan pertanyaan” untuk memasukkan pertanyaan pertama untuk absensi. Pilih jenis pertanyaan kisi pilihan ganda dari daftar opsi.

Pada kolom ‘Pertanyaan’, masukkan pertanyaan terkait ketidakhadiran, seperti ‘Pilih waktu kunjungan’. Kemudian pada kolom Baris dan Kolom isikan pilihan jawaban yang sesuai dengan ketidakhadiran Anda.

Misalnya pada Rows dan Rows, masukkan opsi waktu seperti AM, PM, PM, dan sebagainya. Di kolom Kolom, masukkan jawaban, misalnya “Ada”, “Tidak ada”, atau “Izin”.

Membuat Link Absen Di Google Form

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan, seperti nama, judul, atau tanggal, dengan mengklik tombol “Tambahkan Pertanyaan” di sebelah pertanyaan. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai untuk setiap pertanyaan tambahan yang Anda inginkan.

Cara Membuat Absen Kelas Online Dengan Google Form

Setelah mengisi lembar kehadiran, klik tombol “Kirim” di pojok kanan atas halaman dan bagikan ke seluruh karyawan.

Meskipun Google Formulir menawarkan banyak manfaat bagi bisnis, Google Formulir juga memiliki beberapa kelemahan yang harus dipertimbangkan jika dibandingkan dengan aplikasi absensi Android.

Salah satu kelemahan utama karena tidak memiliki Google Formulir adalah kurangnya pelacakan lokasi. Sedangkan aplikasi akses Android dapat menggunakan teknologi GPS untuk mengetahui lokasi pengguna.

Fitur lokasi ini berguna untuk menentukan lokasi karyawan pada saat presensi. Namun sayangnya, Google Formulir tidak menawarkan fitur ini, sehingga Anda dapat mengambil kursus dari lokasi berbeda tanpa pengawasan yang memadai.

Cara Membuat Google Form Di Hp Untuk Absen Mudah Dan Cepat

Google Forms memiliki kelemahan dalam hal keamanan. Karena formulir dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki tautan atau akses ke formulir, maka formulir dapat dengan mudah disalahgunakan.

Individu dapat dengan mudah memberikan tautan ke formulir kepada orang lain untuk diisi tanpa mekanisme verifikasi yang efektif.

Absensi online menggunakan aplikasi Android seringkali memberikan notifikasi instan kepada administrator atau supervisor. Apabila ada yang tidak hadir, pemberitahuan segera disampaikan kepada pihak yang berwenang.

Membuat Link Absen Di Google Form

Namun Google Forms tidak memiliki fitur notifikasi langsung seperti itu. Informasi ketidakhadiran hanya tersedia setelah formulir diisi dan diserahkan secara manual.

Cara Membuat Google Form

Aplikasi absensi Android sering kali memiliki fitur yang terintegrasi dengan sistem manajemen lain, seperti sistem HR atau sistem absensi offline. Ini menyediakan pertukaran data yang sederhana dan otomatis antara berbagai program.

Namun, Google Formulir memiliki keterbatasan pada jenis integrasi ini. Pengguna harus mengekstrak data secara manual atau mengambil langkah lain untuk memindahkan data ke sistem manajemen yang sesuai.

Ini adalah beberapa kelemahan menggunakan formulir akses online Google. Bagi yang ingin mencoba aplikasi kencan online gratis berbasis Android, bisa menggunakan .

Ini memiliki fungsi kehadiran online yang memungkinkan Anda mencatat kehadiran karyawan. Cara penggunaannya mudah, pekerja hanya perlu selfie dan menyalakan GPS di Android/IOS.

Cara Membuat Absensi Di Google Form Menggunakan Batas Waktu

Metode selfie ini meminimalkan penipuan, dan tim HR dapat menggunakan GPS untuk melihat lokasi terdekat setiap karyawan. Jadi, tidak perlu lagi mengisi formulir absensi online untuk mengumpulkan data kehadiran karyawan karena merepotkan.

Adalah aplikasi berbasis cloud yang berfungsi sebagai solusi akurat dan hemat biaya untuk memantau kehadiran karyawan di seluruh lokasi menggunakan GPS dan pengenalan wajah biometrik untuk akurasi optimal. Di masa pandemi Covid-19, sekolah tidak bisa berjalan seperti biasanya. Sesuai peraturan pemerintah, pelajar hanya bisa belajar melalui sistem online. Oleh karena itu, guru juga harus mengetahui cara mendaftar di Google Form.

Guru dan siswa menggunakan teknologi online untuk pembelajaran jarak jauh. Seluruh proses belajar mengajar di sekolah kini harus diselesaikan secara online, termasuk kehadiran siswa. Guru dapat menggunakan fitur Google Form untuk mencatat kehadiran siswa. Google Form merupakan salah satu fitur formulir digital yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu, salah satunya untuk menghitung trafik.

Membuat Link Absen Di Google Form

Cara mengatur lembar absensi Google tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mengikuti petunjuk pendaftaran akses di Google Formulir.

Membuat Rekap Absen Online Secara Otomatis Di Google Form || Daftar Hadir Kbm Daring

Biasanya, sebelum pembelajaran daring dimulai, guru akan mengecek kehadiran siswa. Di kelas, guru dapat menggunakan log kehadiran. Lalu bagaimana cara mendaftarkan kehadiran siswa secara online? Jawabannya adalah dengan menggunakan Google Form.

Langkah selanjutnya adalah membuat kolom nama siswa. Untuk membuatnya, klik kolom di bawah judul dan uraian lalu masukkan “Nama Siswa” (1). Ubah pilihan jawaban menjadi “Jawaban Singkat” (2) dan aktifkan fitur “Wajib” (3).

Selanjutnya untuk membuat kolom jadwal, klik tombol + di sebelah kanan. Setelah itu buatlah kolom seperti pada gambar di atas.

Sama seperti cara di atas, jika Anda ingin membuat kolom yang sama dengan kolom sebelumnya, Anda bisa klik tombol + atau klik “Ikon Duplikat”. Sesuaikan kolom deskripsi seperti gambar di atas. Anda bisa menambahkan tipe informasi baru berdasarkan aturan yang berlaku untuk organisasi Anda.

Cara Membuat Google Form Via Laptop Dan Hp, Gampang Banget!

Menyalin tautan sangat mudah. Untuk melakukan ini, klik “ikon tautan” di tengah. Kemudian klik “Persingkat Tautan” dan “Salin Tautan” dan tautan akan tersalin secara otomatis. Guru kemudian dapat membagikan tautan kehadiran online kepada siswa.

Anda juga dapat mengatur batas waktu akses di Google Formulir. Cara mengatur formulir absensi Google berbatas waktu sangatlah sederhana. Berikut cara melakukannya:

Nah berikut cara membuat formulir akses Google. Dengan kehadiran seperti ini pastinya guru akan lebih mudah dalam melacak kehadiran siswanya.

Membuat Link Absen Di Google Form

Memang dalam sistem pembelajaran jarak jauh ini, guru harus bisa memanfaatkan teknologi online. Jika tidak maka proses pengajaran akan sulit.

Cara Membuat Absensi Di Google Form Dengan Mudah

Bagaimana caranya agar akses Google Form menjadi sangat mudah bukan? Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk memastikan pelatihan Anda berjalan lancar. Sejalan dengan era digital saat ini, segala urusan administrasi termasuk absensi mahasiswa diharapkan dapat diselesaikan secara online. Dalam hal ini, guru dapat menggunakan Google Form untuk mengatur absensi online mereka sendiri dengan mudah dan gratis, walaupun tentunya tidak serumit mesin sidik jari atau aplikasi absensi lainnya.

2. Jika kita belum login akun Google sebelumnya, maka akan muncul halaman “Login” seperti gambar di bawah ini.

Atau jika kita sudah “sign in” sebelumnya, maka akan muncul halaman dengan pilihan beberapa akun Google yang akan kita gunakan untuk “sign in”. Klik salah satu akun kami yang akan muncul di halaman. Kemudian klik “Selanjutnya”.

4. Setelah itu kita akan masuk ke akun drive kita. Jika sebelumnya Anda belum membuat folder untuk menyimpan file akses online Anda, maka kita perlu membuatnya terlebih dahulu. Folder ini untuk memudahkan kita mencari dokumen absensi setiap saat.

Cara Membuat Absen Online Di Google Form Dengan Mudah

Klik kanan antar folder yang ada, akan muncul beberapa pilihan seperti gambar di bawah ini, lalu klik “Folder Baru”

5. Selanjutnya beri nama folder tersebut sesuai dengan kelas yang anda ajar, seperti “Absensi Kelas…”. Kemudian klik “Buat”. Maka folder berhasil dibuat.

7. Klik dua kali folder tersebut untuk masuk ke halaman di dalam folder tersebut. Di sini kita akan membuat dan menyimpan file akses online.

Membuat Link Absen Di Google Form

8. Kemudian letakkan kursor mouse Anda di mana saja pada area putih di atas dan klik kanan. Akan muncul gambar seperti gambar di bawah ini, lalu klik “More” dan “Google Forms”.

Langkah Membuat Google Form

10. Isikan judul kunjungan yang akan kita bentuk pada kolom Untitled Form. Kemudian isi formulir dengan informasi deskriptif. Misalnya saja “Dihadiri SMP Puri Artha Kelas 7A – Tahun Pelajaran Semester 1 2020” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

11. Isi kolomnya

Cara buat link absen di google form, link absen google form, cara bikin link absen di google form, cara membuat absen di google form, bikin link absen di google form, buat link absen google form, cara membuat absen online di google form, cara membuat absen siswa di google form, membuat absen online di google form, membuat absen google form, membuat absen di google form, cara membuat absen google form di hp

Leave a Comment