Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang – Tidur malam yang cukup merupakan salah satu kunci menjaga tubuh tetap sehat. Tidur yang baik memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional. Saat Anda tidur, tubuh Anda memiliki kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan diri. Tidur juga memberikan manfaat berikut:

Kurang tidur selama satu atau dua jam dapat berdampak negatif pada suasana hati dan kesehatan fisik kita. Biasanya, orang yang kurang tidur akan mengalami gejala berikut:

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Dalam jangka panjang, kurang tidur dapat memicu penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Faktanya, kurang tidur bisa memicu depresi dan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur kita memengaruhi kadar gula darah, hormon yang mengatur nafsu makan, dan bahkan persepsi otak terhadap makanan berkalori tinggi.

Anjuran Tidur Siang Yang Didasarkan Pada Riset Harvard Medical School

Sebuah penelitian skala kecil yang diterbitkan dalam The Annals of Internal Medicine menambah bukti, khususnya pada tingkat sel. Kurang tidur mengurangi kemampuan sel-sel lemak untuk merespons insulin, yang mengatur metabolisme dan berperan penting dalam diabetes. Dalam penelitian tersebut, partisipan diminta menghabiskan 8 malam di laboratorium tidur. 4 malam pertama tidur jam normal, 4 malam berikutnya waktu tidur dibatasi 4,5 jam. Ternyata, setelah kurang tidur selama 4 malam, sensitivitas responden terhadap insulin menurun hingga 16 persen. Selain itu, sensitivitas insulin sel-sel lemak biasanya berkurang sebesar 30 persen ke tingkat yang terlihat pada pasien obesitas atau diabetes. “Sel-sel lemak membutuhkan tidur, dan ketika Anda tidak cukup tidur, metabolisme Anda terganggu,” kata peneliti senior Matthew Brady. Ketika resistensi insulin sementara menjadi kebiasaan, kelebihan gula darah dan kolesterol akan menumpuk, menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. (DEP) Deteksi Dini Anemia Defisiensi Besi pada Anak Deteksi Dini Kebutuhan Protein Protein HPV pada Anak Kalkulator Vaksin Rotavirus Tes Kecemasan Gangguan Kecemasan Tes Tingkat Stres Lihat Semua

Deteksi Dini Infeksi HPV Apakah Anda berisiko terkena infeksi HPV? Lihat selengkapnya Kalkulator BMI Berat badan ideal Anda? Lihat selengkapnya Penghitung Kalori Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan per hari? Lihat selengkapnya

HestiNutrisi•2 bulan Yakin kebutuhan protein anak Anda tercukupi? Cek faktanya di sini!HestiParenting•2 bulan Dr. Hans Natanael Sp.A, Halo komunitas parenting sehat

Bekerja di malam hari. Hal ini tentu bisa menyebabkan Anda kurang tidur. Namun, hal ini sering diabaikan karena Anda mengira bisa tidur daripada tidur. Namun mengapa kita diperbolehkan tidur larut malam dan bangun terlambat, dan apa akibat dari perilaku tersebut? Simak uraiannya di bawah ini ya.

Sering Susah Tidur? Jangan Anggap Sepele!

Pada dasarnya, setiap orang memiliki ritme sirkadian atau jam biologis yang berbeda-beda. Ada orang yang tidak atau tidak boleh tidur di malam hari karena jam biologisnya belum memberi sinyal atau memerintahkannya untuk tidur. Namun, kebanyakan orang memiliki jam biologis yang sama.

Hal ini berarti sebagian besar orang memerlukan istirahat malam yang cukup. Jika Anda memutuskan untuk melawan jam biologis Anda dan tetap terjaga bahkan setelah Anda tidur, itu tidak baik untuk kesehatan Anda. Di bawah ini adalah beberapa resiko atau akibat dari tidur larut malam dan bangun terlambat:

Salah satu akibat dari tidur larut malam dan bangun terlambat adalah risiko terkena penyakit serius. Misalnya saja tekanan darah tinggi, diabetes, dan depresi.

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2013, orang yang tidur larut malam memiliki potensi 30% lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi dibandingkan mereka yang tidur tepat waktu. Faktanya, risiko ini tetap sama, tidak peduli seberapa baik atau memadai kualitas tidur Anda.

Tips Mengatur Waktu Tidur Untuk Si Insomnia

Di saat yang sama, kebiasaan tidur terlalu banyak bisa memicu perkembangan diabetes. Tak hanya itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jika Anda memiliki kebiasaan ini, indeks glikemik akan sulit dikendalikan.

Akibat lain dari tidur larut malam dan bangun terlambat adalah rutinitas olahraga menjadi kacau. Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kebiasaan ini menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk.

Ya, jika Anda memutuskan untuk menginap, Anda mungkin harus duduk atau bekerja. Alhasil, waktu yang seharusnya Anda habiskan untuk bersantai justru dihabiskan untuk duduk dan beraktivitas.

Pada saat yang sama, Anda perlu menggunakan waktu untuk berolahraga, jadi Anda perlu menggunakannya untuk bersantai. Oleh karena itu, tidak salah jika kesempatan Anda untuk berolahraga berkurang. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan seluruh tubuh.

Tidur Malam Yang Baik Jam Berapa? Ini Rekomendasinya

Tahukah Anda kalau tidur larut malam dan bangun larut malam bisa mengakibatkan berat badan berlebih? Nah, itu bermula dari rasa takut lapar jika masih terbangun di tengah malam.

Hal ini akan mendorong Anda untuk makan karena Anda lelah. Faktanya, makan di malam hari menghambat proses metabolisme pembakaran lemak tubuh.

Belum lagi, makan tentu akan menambah jumlah kalori yang dikonsumsi pada hari itu. Tak heran jika kebiasaan ini bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Gangguan tidur merupakan salah satu akibat dari tidur larut malam dan bangun terlambat. Siklus kacau ini dapat merusak sistem tubuh Anda dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Tips Agar Anak Mau Tidur Siang

Anda mungkin mengalami keterbatasan berpikir, sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk di siang hari, kehilangan keseimbangan, dan kebingungan. Semua efek ini mengurangi produktivitas Anda. Padahal, Anda bisa saja mengalami bahaya, seperti kecelakaan saat berkendara.

Namun ada kondisi dan situasi tertentu yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari dan tidur hingga siang hari. Biasanya Anda harus memenuhi kewajiban yang tidak bisa diabaikan. Penyakit ini menyebabkan terlambat tidur dan terlambat bangun. Bahkan, Anda mungkin harus bangun pagi keesokan harinya.

Tak perlu khawatir karena ada cara untuk membalikkan efek tidur larut malam. Cara ini penting untuk menghindari bangun kesiangan, melanjutkan hari seperti biasa, dan bisa kembali tidur sesuai jadwal tidur semula.

Jika Anda tidur larut malam dan bangun dengan perasaan lelah, sebaiknya tetap tidur. Bahkan, Anda mungkin perlu kembali ke aktivitas normal. Dalam hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan memperbanyak aktivitas fisik.

Macam Macam Dampak Buruk Tidur Siang Terlalu Lama

Jangan salah, para ahli tidak menganjurkan aktivitas fisik yang berat. Namun para ahli menyarankan untuk sesekali beristirahat dari pekerjaan atau aktivitas Anda. Kemudian cobalah berjalan kaki 5-10 menit sebelum kembali bekerja.

Anda dapat melakukan ini setiap 30 menit. Jika perlu, melangkah lebih jauh di sore hari. Semakin banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan, maka akan semakin mudah untuk begadang dan terhindar dari insomnia dan kelelahan.

Siapa bilang kamu tidak bisa tidur? Hal ini tentu saja bisa dilakukan, apalagi jika tujuannya adalah untuk mengurangi rasa ngantuk dan kelelahan akibat kurang tidur. Jika Anda sedang bekerja atau jauh dari rumah, Anda dapat melakukan ini saat istirahat atau makan siang.

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Waktu ideal untuk tidur adalah 5-25 menit. Pasalnya, jika Anda tidur lebih dari waktu tersebut, Anda justru akan merasa lelah dan sulit tidur. Jangan lupa setel alarm agar bangun tepat waktu.

Susah Tidur Usai Sembuh Dari Covid 19, 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Jika Anda tidak punya waktu atau tidak bisa tidur, memejamkan mata selama 10 menit saja sudah cukup. Hal ini akan membantu Anda mengatasi efek tidur larut malam dan tetap tertidur hingga terbangun di siang hari.

Salah satu cara menghilangkan akibat tidur larut malam dan tidak bangun pagi adalah dengan pola makan yang benar. Pasalnya, makanan yang baik dan sehat membantu menjaga energi yang hilang akibat kurang tidur. Mengonsumsi makanan manis bisa memberi Anda dorongan energi instan dalam waktu singkat.

Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan manis tidak baik untuk kadar gula darah. Apalagi efek makanan manis hanya bertahan beberapa saat saja. Oleh karena itu, lebih baik mengonsumsi makanan sehat untuk menambah energi.

Ada beragam makanan sehat yang bisa dijadikan camilan penambah energi, seperti yogurt, kacang-kacangan, dan buah segar. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi wortel dan saus keju rendah lemak.

Yuk, Cegah Coronasomnia! Gangguan Tidur Akibat Virus Corona

Padahal, melunasi utang tidur dengan tidur siang atau long nap tidak disarankan oleh para ahli. Anda tetap bisa melunasi hutang tidur Anda dengan cara yang aman, yakni dengan menambah jumlah waktu tidur di malam hari.

Misalnya, jika Anda tidur pada pukul 22.00, namun Anda harus tidur hingga pukul 12.00 pada hari itu. Artinya, waktu tidur Anda berkurang dua jam. Usahakan tidur satu jam lebih awal pada malam berikutnya dan bangun pada waktu yang sama seperti biasanya. Kemudian ulangi hingga hutang tidur Anda terbayar.

Namun bagaimana dengan orang yang terlilit hutang? Hutang tidur akibat begadang, seperti tidur malam, tidak boleh diabaikan atau diganti dengan tidur.

Tidak Bisa Tidur Malam Karena Tidur Siang

Cara melunasi hutang tidurnya tetap sama, yaitu tidur lebih awal dan bangun pagi di waktu yang bersamaan. Lunasi hutang tidur Anda secara mencicil, misalnya Anda tidur dua jam lebih awal hari ini dan jumlah yang sama keesokan harinya.

Saat Menstruasi Tidak Boleh Tidur Siang? Ini Jawabannya • Hello Sehat

Dengan membiasakan tidur dan bangun di jam yang sama, tidur Anda yang terganggu akan kembali normal. Anda mungkin memerlukan bantuan dokter, psikolog, atau terapis untuk meningkatkan kualitas tidur terkait insomnia.

Reutrakul, S., Hood, MM, Crowley, SJ, Morgan, MK, Teodori, M., Knutson, KL, & Van Cauter, E. (2013). Kronotipe secara independen berhubungan dengan kontrol glikemik pada diabetes tipe 2. Perawatan Diabetes, 36(9), 2523-2529. https://doi.org/10.2337/dc12-2697 Akademi Pengobatan Tidur Amerika. (3 Juni 2014). Orang yang suka tidur malam bisa menjadi lebih mobile dan kurang termotivasi

Penyebab tidak bisa tidur siang dan malam, tidak bisa tidur siang, tidak bisa tidur siang dan malam, penyakit tidak bisa tidur siang dan malam, susah tidur karena tidur siang, tidur siang tidak bisa tidur malam, siang mengantuk malam tidak bisa tidur, kenapa tidak bisa tidur siang dan malam, tidak bisa tidur karena tidur siang, susah tidur malam karena tidur siang, tidak bisa tidur malam karena tidur siang, tidak bisa tidur malam tapi tidur siang

Leave a Comment