Cara Bikin Kolom Di Excel

Cara Bikin Kolom Di Excel – Kita sering menggunakan spreadsheet untuk mengumpulkan data penting, seperti merangkum penjualan produk di akhir bulan. Format tabel baris dan kolom tentunya membuat laporan lebih mudah dibaca. Dalam hal ini, halaman ini membagikan tip tentang cara mudah membuat spreadsheet di Microsoft Excel, dan sangat cocok untuk pemula dalam perangkat lunak pemrosesan data Microsoft.

Hal ini agar tabel excel terlihat rapi dan profesional. Anda bisa menambahkan warna ke lembar bentang Excel, terutama header atau tabel.

Cara Bikin Kolom Di Excel

Cara Bikin Kolom Di Excel

Selain itu, saat membuat tabel di MS Excel, perlu memperhatikan masalah pemilihan gaya, adaptasi dengan format dokumen saat ini adalah wajib.

Membagi Teks Ke Dalam Kolom Yang Berbeda Dengan Panduan Konversi Teks Ke Kolom

Selain itu, mengedit tabel di excel juga sangat praktis, Anda hanya perlu membuat garis atau border tabel setebal yang Anda suka.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dalam membuat spreadsheet di Microsoft Excel, sebaiknya lakukan di laptop atau PC. Pasalnya, ponsel Android sendiri kurang maksimal dan antarmukanya terlalu kecil.

Mari langsung ke langkah-langkah membuat tabel di Excel dengan ukuran yang sama untuk pengguna Windows.

Berikut beberapa tips untuk mempercepat proses pembuatan spreadsheet di Excel, terutama jika Anda membutuhkannya dalam jumlah banyak, dengan menyalin spreadsheet Excel.

Cara Membuat Dua Kolom Bersamaan Pada Microsoft Excel 2010

1. Membuat Tabel Umum Excel Pada tutorial pertama, kita akan mencoba membuat tabel yang banyak digunakan oleh banyak pengguna MS Excel dengan cara menebalkan garis-garis pada tabel. Caranya sangat sederhana dan mudah digunakan terutama bagi yang masih baru mengenal aplikasi pengolah data ini.

2. Setelah selesai, masukkan semua informasi yang diperlukan. Pilih semua dengan kursor atau tekan Ctrl+A pada keyboard.

3. Masuk ke kategori Font, buka menu drop-down Margin Bawah, dan pilih Semua Margin untuk membuat baris dalam tabel.

Cara Bikin Kolom Di Excel

4. Sekarang Anda perlu memberi nama atau judul pada tabel. Anda dapat memilihnya dengan kursor lalu memilih “Gabungkan dan Tengahkan” untuk menggabungkan baris dan kolom menjadi satu sel.

Cara Membuat Aplikasi Excel Untuk Database

6. Sekarang Format Sel ditampilkan, buka tab menu Borders. Di bawah Gaya Garis, pilih garis paling tebal.

Untuk warnanya pakai warna hitam saja, biar lebih formal, masuk ke “Devices” dan pilih “Inner and outline”. Kemudian semua garis di dalam dan di luar tabel akan dicetak tebal, seperti yang dapat Anda lihat pada contoh bingkai di bawah.

Panduan menarik, terutama bagi yang suka berbicara di depan audiens, tips membuat tabel PowerPoint agar efektif menyampaikan informasi kepada audiens.

2. Membuat tabel Excel secara otomatis Kami melanjutkan instruksi di atas, kali ini menggunakan fungsi “Tabel” dan menggunakan item menu “Sisipkan” untuk membuat tabel secara otomatis. Fitur ini juga memudahkan pengaturan tabel karena hanya perlu sedikit pengeditan, berikut langkah-langkahnya.

Menghilangkan Desimal Angka Di Belakang Koma Mail Merge

3. Jika format tabel menggunakan header satu baris seperti yang saya buat, maka area pilihannya akan berada tepat di bawah header atau header tabel.

5. Hingga muncul menu pop-up “Buat tabel”, centang “Meja saya mempunyai nama” dan terakhir klik “OK”.

6. Hasilnya adalah sebagai berikut, tabel dilengkapi dengan fungsi penyaringan data yang dapat digunakan untuk mengurutkan data tertentu.

Cara Bikin Kolom Di Excel

Jadi, jika Anda ingin mempercantik tampilan meja Anda, klik pada area meja. Lalu masuk ke tab menu Design, lalu di bawah opsi Table Style, atur sesuai keinginan Anda, misalnya:

Cara Membuat Laporan Stok Barang Di Excel Dengan Mudah

Sebaliknya, jika Anda ingin mengubah gaya meja, buka Gaya Meja, Anda dapat memilih berbagai desain meja dengan pilihan warna yang menarik.

3. Buat spreadsheet Excel yang bergaya. Untuk perpaduan gaya meja profesional, terutama bagi Anda yang ingin tampil di tempat umum, gunakan kombinasi fitur Format as Table dan Border untuk mengubah tampilan meja Anda menjadi ramping dan bergaya.

2. Kemudian buka menu drop-down “Format as Table” dan pilih style atau gaya tabel yang Anda suka, di sini saya telah memilih 12 gaya tabel dalam warna gold, medium.

3. Dari menu tarik-turun “Tabel sebagai format”, centang “Tabel saya memiliki informasi header”. Opsi ini memberitahu Excel untuk membuat header berdasarkan format data kita, sehingga hasilnya bukan kolom 1, 2, 3, dst.

Free Trial Excel — Penggunaan Rumus Dan Fungsi

5. Edit tabelnya agar lebih baik. Pilih Semua, buka menu tarik-turun Margin Bawah, lalu pilih Margin Lainnya.

6. Dari menu pop-up Format Sel, buka tab Perbatasan dan pilih jenis garis seperti tanda hubung, padat, ganda, dll.

7. Jika sudah berada di bagian preset, klik kedua kotak yaitu Outline dan Thin agar semua baris pada tabel dapat berubah gaya.

Cara Bikin Kolom Di Excel

Baca juga cara mengelompokkan data di Ms Excel dengan cepat dan akurat, coba sekarang.

Cara Membuat Kolom Di Excel

4. Buat spreadsheet Excel dengan rumus. Halaman ini masih belum cukup, tambahkan lagi tips membuat spreadsheet excel agar lebih mudah, apalagi jika datanya berupa angka-angka yang perlu dihitung untuk mengimpor dan mengeluarkan laporan produk.

1. Buat tabel terlebih dahulu, lalu buat kolom Total untuk menghitung jumlah total data.

2. Selanjutnya masukkan rumus penjumlahan AMOUNT dengan cara klik kolom penjumlahan pada baris pertama diikuti dengan tanda sama dengan (=).

=A1+Bi+C1+D1 Ini yang saya pakai disini, sudah saya sesuaikan dengan layout sel pada tabel yang saya buat, jadi rumusnya begini. Anda juga dapat mengganti karakter dengan tanda tambah (*) atau garis miring terbalik (/) sesuai kebutuhan.

Cara Mudah Menambahkan Ceklis Ke Excel

=B3+C3+D3+E3+F3 Caranya sangat sederhana, cukup masukkan tanda sama dengan (=) sebagai perintah utama rumus perhitungan excel.

Selanjutnya kamu klik sel B3, lalu tekan (Shift+) pada keyboard kamu dan klik lagi pada sel C3, lalu tekan (Shift+) lagi dan lanjutkan ke kolom atau sel terakhir.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara cepat menambahkan angka ke spreadsheet Excel. Kamu klik pada pojok kanan bawah hasil penjumlahan, pada contoh ini adalah kolom 500.

Cara Bikin Kolom Di Excel

Jika Anda mengklik dan menyeret ke bawah hingga akhir baris dalam tabel, hasilnya akan otomatis muncul bersamaan.

Cara Split Cell Excel, Membagi Tampilan Sheet Microsoft Excel

Menggabungkan spreadsheet dengan perhitungan rumus SUM sangat berguna untuk perhitungan cepat dan otomatis tanpa perlu repot menghitung satu per satu secara manual.

Artikel terkait Tips Sederhana Cara Mengurangi Bilangan Menggunakan Rumus Pengurangan di Excel, Lengkap dengan Trik Otomatisnya.

Cara Mengedit Spreadsheet di Microsoft Excel Setelah Anda berhasil membuat spreadsheet, sekarang saatnya untuk mengeditnya. Anda dapat mengubah tampilan spreadsheet MS Excel Anda mulai dari pemilihan warna kolom dan baris hingga huruf atau font. Untuk informasi lebih lanjut, baca tutorial singkat di bawah ini.

Mewarnai tabel Excel 1. Setelah membuat tabel, pilih kolom atau baris yang ingin Anda warnai atau ubah.

Cara Membuat Tabel Di Blog Dari Microsoft Excel

3. Kemudian secara otomatis kita akan diperlihatkan banyak pilihan warna seperti kuning, merah, hijau, biru, oranye dan lainnya.

Panduan lengkap membuat tabel disertai gambar di Word, cocok bagi Anda yang sering membuat laporan di kantor.

Mengubah ukuran font tabel 1. Pilih teks atau teks yang ingin ditambah atau dikurangi ukuran fontnya.

Cara Bikin Kolom Di Excel

2. Disini saya mencoba mengubah ukuran font header tabel. Masuk ke tab menu utama, pilih “Font”, gulir ke bawah dan pilih ukuran font yang diinginkan.

Cara Membuat Tabel Di Word Dan Cara Memodifikasinya, Lengkap Dan Mudah!

3. Jika ingin hurufnya tebal, Anda bisa memilih icon Bold (B) dan menggunakan Italic (I) untuk huruf miring dan Underline (U) untuk teks yang bergaris bawah.

Mengganti Nama Tabel 1. Cukup klik pada area tabel MS Excel. Setelah itu otomatis kita akan masuk ke tab menu Desain.

2. Pada kolom “Nama tabel”, pada bagian “Properti” sebelah kanan: ubah nama tabel sesuai dengan isinya.

Nah, sebagai alternatif lain, Anda bisa menggunakan cara lain dengan memilih tab menu Rumus lalu membuka menu dropdown Define Name.

Cara Memberi Warna Pada Tabel Excel

Kemudian pada bagian Name ubah nama sheet Excel sesuai keinginan, pada bagian Use pilih Workbook dan terakhir klik OK.

Untuk pengonversi file, berikut cara mengonversi file PDF ke Excel online atau offline di ponsel atau komputer Anda dengan atau tanpa aplikasi.

Menghapus Tabel Excel Banyak orang bertanya bagaimana cara menghapus tabel di Microsoft Excel, berikut gambaran singkatnya yang dibagi menjadi beberapa subkategori.

Cara Bikin Kolom Di Excel

A. Untuk menghapus seluruh tabel 1. Tekan pintasan keyboard (Ctrl+A), lalu klik kanan dan pilih Hapus.

Cara Menggunakan Microsoft Excel, Bagian Ini Wajib Ketahui

2. Kemudian ketika Anda menekan tombol Delete pada keyboard Anda, maka seluruh isi tabel akan terhapus secara otomatis.

Cara lainnya juga disiapkan pada artikel tentang trik cara menghapus tabel di excel dengan cepat dan mudah.

Selain itu, kita dapat menjaga agar spreadsheet Excel tidak dapat di-scroll dengan menggunakan fitur Freeze Panes, tidak mudah untuk men-scroll spreadsheet tersebut karena dibekukan.

Lihat juga cara menghapus semua baris di Microsoft Excel dengan cepat dan mudah agar lebih mudah dibaca.

Cara Mengatur Tulisan Ditengah Tabel Pada Word

Baik di sekolah maupun perkantoran, kebutuhan akan laporan berbentuk tabel merupakan hal yang lumrah karena pembacaan data dalam format tabel lebih akurat dan ringkas.

Dengan tutorial singkat cara membuat spreadsheet di Microsoft Excel ini, setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran lebih baik tentang cara memaksimalkan fitur dan fungsionalitas yang terdapat dalam sebuah lembar kerja MS Excel. Biasanya kita membuat kop surat menggunakan Microsoft Word, namun kali ini ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan Microsoft Excel.

Seperti yang Anda ketahui, kop surat merupakan salah satu bagian penting pada suatu instansi untuk membuat surat resmi atau resmi. Tentu saja ada berbagai cara untuk membuat bentuk ini.

Cara Bikin Kolom Di Excel

Nah, jika

Template Invoice Di Excel Dan Cara Mudah Membuatnya!

Cara menjumlahkan kolom di excel, bikin kolom di excel, bikin kolom di microsoft excel, cara buat kolom di excel, cara membuat kolom di excel, cara bikin kolom di microsoft excel, cara bikin kolom di excel laptop, cara bikin kolom excel, cara menggeser kolom di excel, cara menggabungkan kolom di excel, cara mengetik di kolom excel, cara menambah kolom di excel

Leave a Comment