Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form – Salah satu kebutuhan di dunia maya adalah makan atau pertemuan secara online. Faktanya, banyak pembelajaran dilakukan secara online. Dalam kasus atau persyaratan seperti itu, kami memerlukan daftar kehadiran atau ketidakhadiran.

Alternatifnya Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk membuat daftar kehadiran dan ketidakhadiran. Agar terlihat keren, terintegrasi dengan Google Data Studio. Ayo segera lakukan.

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Untuk memulai, Anda dapat membuka https://docs.google.com/forms/u/0/?pli=1. Kemudian masuk dengan akun Google/akun Gmail Anda. Setelah mendapatkan tampilan seperti di bawah ini.

Cara Membuat Absensi Online Dengan Tanda Tangan Menggunakan Zoho

Anda dapat mempertimbangkan nama formulir atau judul Bagian 1. Dalam hal ini saya memberi judul Kunjungan UPK-US SMP. Bagian ketiga adalah format pertanyaan. Anda dapat mengklik tanda panah di samping Pilihan Ganda untuk mengubah jenis pertanyaan.

Salah satu kolom yang tidak boleh dilupakan adalah kolom Upload Signature. Jika ada link untuk mengupload file yang dipilih, pilih “Lanjutkan”.

Klik pada 3 titik di pojok kanan sebagai lingkaran merah. Kemudian pilih target jawaban. Buat lembar kerja baru, ganti namanya sesuai keinginan Anda dan lanjutkan.

Jika kalian perhatikan, ada 3 ikon di kanan atas. Awali nama akun Anda. Simbol-simbol tersebut merupakan simbol alat lukis, gigi dan mata. Mari kita ulas secara singkat satu per satu.

Aplikasi Absen Bimbel

Area header adalah layar yang menambahkan gambar tema ke/di atas formulir. Warna tema digunakan untuk mengatur tampilan warna tema.

Anda dapat menggunakan warna latar belakang untuk mengubah tema latar belakang formulir. Ini semua tentang memadu padankan selera warna Anda.

Ini untuk Ninja atau pratinjau formulir Anda. Setelah Anda klik, pengisi formulir akan melihatnya.

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Bagian ini memiliki 3 tab nu. Umum, presentasi dan kuis. Anda dapat melewati bagian kuis ini. Karena tidak peduli dengan ketidakhadiran

Cara Membuat Absensi Online Menggunakan Zoho Form

Sedangkan pada bagian presentasi, Anda dapat menambahkan pesan konfirmasi. Pesan ini akan ditampilkan setelah peserta mengisi formulir. Misalnya terima kasih telah mengisi lembar kehadiran.

Di sini Anda akan menemukan tautannya. Tautan ini akan dibagikan kepada mereka yang mengisi formulir.

Niat masuk ke Google Drive nantinya akan menampilkan gambar tanda tangan saat proses pembuatannya tidak online. Karena jika tidak disetel, atribut file akan dipertahankan dan tidak akan muncul di laporan yang hilang (yang dibuat menggunakan Google Studio).

Buka https://drive.google.com/ dan cari folder yang diberi nama sesuai formulir yang Anda buat. Nama folder bisa berupa “bentuk tanpa judul”.

Mengenal Absensi Online Dengan Teknologi Face Recognition

Tempatkan kursor atau klik satu kali pada folder yang sesuai dengan nama form. Kemudian klik ikon rantai di kanan atas. Saya menandainya dengan warna biru.

Anda akan melihat layar Dapatkan Tautan. Gulir ke bawah panah sampai Anda memilih Link Holder. Selesai

Pada dasarnya data yang dimasukkan setelah pengisian Google form berformat CSV. Hanya unggah tanda tangan di formulir lampiran. Disini kami menggunakan Google Studio untuk menampilkan tabel dan tanda tangan dalam format gambar.

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Buka halaman https://datastudio.google.com/. Masuk dengan Akun Google yang sama dengan Akun Google yang Anda buat sebelumnya. Kemudian pilih Laporan Kosong.

Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Menggunakan Google Form

Anda hanya akan melihat nama yang ditampilkan di tabel yang tersedia. Selanjutnya, masukkan langkah yang menampilkan tanda tangan.

Klik Sumber Daya dalam daftar di atas. Kemudian lanjutkan untuk mengelola sumber daya tambahan. Kemudian klik Edit pada file dengan nama form.

Klik panah tarik-turun pada URL. Anda mengubahnya menjadi teks. Kemudian tambahkan kolom di sebelah kanan. Beri nama kolom sesuai keinginan. Disini saya memberikan tanda tangan yang dapat digunakan untuk mengambil dari file gambar tanda tangan yang diunggah.

Buat kolom baru. Cara ini mirip dengan menggunakan kolom tambah. Dinamakan dengan tanda tangan peserta. Pada kolom Rumus isikan,

Tutorial Membuat Absensi Online Menggunakan Zoho Form

Sekarang klik lagi pada semua kolom di atas konten yang tersedia. Perhatikan bahwa kolom Anda akan bertambah 2 seperti yang saya miliki di sini (ditandai dengan warna merah).

Untuk menambahkan kolom ke tabel, seret area di kotak biru ke kotak merah di gambar dan pindahkan/sejajarkan sesuai kebutuhan.

Terakhir, pilih File – Unduh sebagai – PDF untuk mengunduh laporan ini. Laporan diunduh dalam format PDF. Semua data selesai di sana. Jika masih bingung, ikuti langkah-langkahnya pada video di bawah ini. Google Forms merupakan salah satu aplikasi Google yang dapat digunakan oleh para guru untuk berpartisipasi di dalam kelas. Selain Google Forms, Google Docs dan Google Sheets menjadi fitur favorit hampir semua orang karena dapat diakses secara bebas melalui web browser atau smartphone.

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Dengan fitur ini, guru dapat dengan cepat dan mudah mengumpulkan informasi lalu secara otomatis menyimpannya ke spreadsheet pemilik Google Formulir.

Tutorial Membuat Absensi Online Menggunanakan Zoho Form

Tidak hanya itu, data dalam spreadsheet dapat diedit sebelum diproses lebih lanjut. Tentunya dengan semua fitur tersebut, guru semakin mudah dalam mendapatkan presensi siswa.

Google Form dapat menghasilkan traffic dengan cara yang sangat sederhana dan praktis. Oleh karena itu, fungsi ini banyak digunakan terutama dalam situasi epidemi seperti sekarang. Berikut beberapa manfaat Google Form untuk absensi online.

Dengan Google Formulir, Anda dapat membagikan kunjungan secara online, sehingga tidak perlu mencetaknya di atas kertas. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya berupa kertas dan tinta.

Bapak/Ibu dapat menikmati layanan Google Form secara gratis. Dengan cara ini, sekolah tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli aplikasi atau layanan untuk membuat formulir. Sekolah dapat menggunakan fitur Google Form ini secara gratis.

Mengenal Tanda Tangan Online Dan Cara Membuatnya Yang Mudah

Absensi yang dibuat melalui Google Formulir dapat dibagikan kepada siswa melalui email atau menggunakan link. Dalam hal membuat atau menggunakannya, Google Forms sangatlah mudah.

Selain itu, setiap jawaban responden otomatis tersimpan di Google Drive penulis.

Google Forms tidak seperti program lainnya karena merupakan program yang ringan untuk komputer. Selama jaringan tidak diblokir, guru dapat menggunakannya tanpa masalah.

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

Keuntungan lain dari Google Formulir yang dapat digunakan adalah dapat dibagikan ke berbagai platform. Keunggulan ini tentunya sangat berguna terutama saat membuat formulir kunjungan.

Format Absensi Karyawan: Contoh Manual Dan Online Yang Benar

Informasi dapat dikumpulkan dalam waktu yang lebih singkat. Karena data disimpan di Google Drive, maka dianggap aman. Jangan takut kehilangan atau menghapus data Anda, bukan? Selain itu, informasi yang terkandung di dalamnya tidak dapat diubah oleh orang lain.

Jika sudah menjelaskan kelebihan Google Form, maka penulis juga harus mengetahui apa saja kekurangan dari fitur Google ini.

Meski menawarkan banyak manfaat dan kelebihan, namun besar kemungkinan Google Forms memiliki kekurangan bagi penggunanya. Berikut kerugian menggunakan Google Form untuk kunjungan.

Salah satu kekurangan Google Form adalah tidak bisa digunakan di forum diskusi online. Mungkin menggunakan Google Formulir di forum diskusi online adalah pilihan yang tepat.

Cara Membuat Absensi Di Google Form

Kekurangan Google Form lainnya adalah tidak memiliki persamaan. Google Forms tidak dapat digunakan untuk soal atau jawaban matematika karena menggunakan persamaan atau simbol matematika. Namun saat ini Google Form belum dilengkapi dengan fitur tersebut.

3. Anda dapat memasukkan judul dan deskripsi di formulir sesuai kebutuhan Anda. Klik pada bagian “Formulir Tanpa Judul” dan isi judul yang ingin Anda kirimkan. Kemudian klik bagian “Deskripsi Formulir” dan masukkan deskripsi yang tidak seperti gambar di bawah ini.

4. Jika ingin membuat kolom “Nama Siswa” dapat dimasukkan pada baris “Pertanyaan Tanpa Judul”. Guru dapat mengubah pilihan jawaban menjadi format jawaban singkat dan mengaktifkan fitur wajib bagi siswa.

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

6. Setelah itu isi kolom header dan lakukan sesuai keinginan. Anda dapat menggunakan “pilihan ganda” di sisi kanan untuk memberi nama hari dalam jadwal.

Contoh Laporan Absensi Karyawan Yang Sering Digunakan Hr

7. Untuk mengganti nama opsi di atas, klik Rename. Misalnya hari yang dihasilkan adalah Selasa dan Jumat. Jika ingin menambahkan jawaban, klik “Tambahkan Pilihan”.

8. Jangan lupa mengisi kolom judul formulir di pojok kiri atas, dan setelah selesai, klik tombol “Kirim” di pojok kanan atas untuk menghasilkan link.

9. Setelah itu akan muncul pilihan. Guru dapat membagikan formulir ini ke email masing-masing siswa atau membagikan tautannya. Karena formulir kosong ini akan didistribusikan ke seluruh siswa di kelas, klik ikon tautan bagikan.

10. Anda dapat mempersingkat tautan dengan mencentang bagian “URL Pendek”. Kemudian klik tombol “Salin” dan bagikan. Tautan akan disalin secara otomatis.

Apa Itu Tanda Tangan Elektronik (tte)?

11. Anda tidak perlu menyimpan formulir ini karena akan otomatis tersimpan ke Google Drive. Selesai, formulir kehadiran dibuat.

Metode berpartisipasi dalam Google Formulir ini berfungsi jika Anda ingin berpartisipasi dengan pilihan penyakit, izin, atau informasi apa pun.

Biasanya formulir ini diisi oleh guru mata pelajaran agar sekolah dapat mengumpulkan data tersebut dalam praktek. Dengan demikian:

Cara Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Di Google Form

2. Isi baris dengan nama siswa dan kolom dengan informasi kehadiran yang tersedia. Jangan lupa setiap baris harus diisi, jalankan fungsinya.

Berikut Contoh Format Absensi Karyawan Terlengkap

Setelah mempelajari cara mengikuti Google Form, apakah saya bisa mendownload datanya? Tentu saja bisa. Untuk membuat laporan, Anda dapat menyimpannya sebagai spreadsheet. Simak caranya di bawah ini, ya!

3. Mengklik tombol “Buat” akan secara otomatis mengarahkan penulis ke halaman Google Sheets. Di dalamnya Anda dapat melihat data yang diisi pada formulir yang dibuat seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Kunjungan di Google Form Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menjalankan tugas Anda sebagai seorang guru.

Sekali lagi Anda dapat mencoba Premium School (QSP). Dengan QSP, banyak fitur berguna yang tersedia sehingga dapat lebih beradaptasi dengan kebutuhan guru dan siswa.

Cara Membuat Tanda Tangan Yang Susah Ditiru Disertai Maknanya Menurut Grafologi

Pak/Nyonya, jangan khawatir mempelajari cara menggunakan fitur-fitur ini. Karena QSP memberikan dukungan penuh dengan bimbingan selama 1 tahun

Absen di google form, cara membuat absen online di google form, membuat link absen di google form, membuat absen dengan google form, membuat absen di google form, membuat absen online google form, cara buat absen online google form, cara membuat absen di google form dengan tanda tangan, membuat absen google form, cara membuat absen di google form, absen online google form, cara membuat absen google form

Leave a Comment