Membuat Absen Online Google Form

Membuat Absen Online Google Form – Kehadiran siswa sangat penting untuk evaluasi. Dengan bantuan teknologi, tugas ini menjadi lebih mudah. Pelajari cara mendapatkan kehadiran online untuk siswa Anda menggunakan Google Formulir.

Mendaftar melalui Google Formulir adalah pilihan yang mudah. Sejalan dengan pesatnya perkembangan era digitalisasi, kami mendorong masyarakat untuk kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital. Untuk menunjang pekerjaan sehari-hari yang perlu dibackup dengan baik, backup tetap dilakukan secara manual.

Membuat Absen Online Google Form

Membuat Absen Online Google Form

Misalnya, ketika berpartisipasi di banyak sekolah atau tempat kerja di seluruh dunia, kita masih sering melihat kegiatan partisipasi dilakukan secara manual, di atas kertas, atau dengan tanda tangan. Pengelolaan absensi tidak hanya memakan biaya tetapi juga waktu dan sering kali informasi yang didapat tidak benar karena bisa jadi merupakan absensi palsu.

Cara Membuat Soal Online Di Hp Dengan Google Form

Berbeda halnya jika Anda menggunakan kehadiran digital berbasis online, seperti partisipasi online menggunakan Google Docs. Dengan pemanfaatan absensi online, verifikasi kehadiran yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung kini menjadi lebih mudah dengan pemanfaatan teknologi internet, tidak hanya menghemat waktu dan biaya, namun informasi yang diperoleh juga akurat.

Saat ini sudah banyak beredar aplikasi keanggotaan online yang bisa Anda dapatkan dengan mudah, namun sebagian besar harganya tidak murah. Itu semua tergantung performa dan fitur aplikasi ini. Namun, Anda dapat berpartisipasi secara online secara gratis alias gratis. Dengan Google Formulir Anda dapat membuat kehadiran online secara gratis dan mengujinya sendiri dengan mudah. Apa yang harus dilakukan?

Google Form sendiri merupakan layanan Google yang sering digunakan untuk membuat survei atau kuesioner online. Banyaknya pilihan penyesuaian yang tersedia pada aplikasi Google Forms memungkinkan kita membuat formulir yang sesuai dengan kebutuhan kita, dalam hal ini termasuk membuat kehadiran online. Bagaimana cara saya berpartisipasi secara online menggunakan formulir Google?

Anda perlu membuka Google dan mengetik Google Formulir atau mengaksesnya dari tautan berikut: https://docs.google.com/forms/

Cara Membuat Absensi Di Google Form

Lengkapi bagian formulir tanpa nama dan keterangan formulir, lalu ubah nama dan keterangan sesuai keinginan. Misalnya, Anda dapat membuat nama “Kehadiran Siswa”. Anda kemudian dapat menambahkan informasi di bagian deskripsi, seperti “Siswa kelas 3 yang masuk Juli 2023”.

Pada langkah 3, pilih opsi yang berbeda. Setelah memasukkan nama dan deskripsi pada langkah ke 3, maka akan muncul layar seperti berikut.

Pada baris dapat dituliskan nama siswa dan pada kolom dapat ditulis “Sebar”, “Izinkan”, “Kondisi” dan “Alpha”.

Membuat Absen Online Google Form

Jangan lupa di bawah ini tertulis: “Membutuhkan 1 respons di setiap baris.” Anda harus membuka jalur dengan menekan tombol hingga jawabannya berubah.

Pemanfaatan Google Form Untuk Pembuatan Daftar Hadir

Setelah Anda menyelesaikan langkah 4 dan memastikannya benar, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Pada langkah selanjutnya Anda dapat memilih pengiriman seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Anda dapat memilih “Ikon Tautan” yang terletak di posisi tengah seperti pada gambar garis merah lalu klik “URL Pendek” di bagian bawah seperti panah merah. Tugasnya mempersingkatnya agar lebih mudah mengajarkannya nanti.

Setelah tautan diperpendek, pilih salinannya pada kotak pilihan di bawah. Tautan tersebut kemudian disalin sehingga Anda dapat segera membagikannya. Anda dapat membagikan link tersebut melalui WhatsApp agar lebih mudah dan cepat.

Bagaimana cara mendaftar absensi secara online dengan mudah menggunakan layanan Google Form? Teknologi absensi online memungkinkan Anda bekerja lebih efisien dengan data kehadiran yang akurat.

Cara Membuat Google Form Di Hp Untuk Absen Mudah Dan Cepat

Model ini bisa anda gunakan bagi pemilik franchise barbershop, namun jika ingin dipadukan dengan pembayaran maka anda perlu menggunakan aplikasi partisipasi online seperti dari Adrena.ID.

Setelah membuat formulir pendaftaran online menggunakan Google Form dan membagikan link pendaftaran online maka tampilannya seperti ini, siswa hanya perlu mengisinya dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu. Gambar berikut menunjukkan cara berpartisipasi secara online menggunakan Google Formulir:

Setelah setiap siswa mengisi absensinya secara online, informasi ketidakhadirannya dicatat melalui Google Form. Anda dapat menggunakannya sebagai dokumen untuk pelaporan atau evaluasi.

Membuat Absen Online Google Form

Maka Anda masih akan bingung bagaimana cara melihat hasilnya. Di bawah ini Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk melihat hasil absensi Anda secara online menggunakan Google Form yang Anda buat.

Cara Membuat Absen Online Di Google Form Dengan Mudah

Langkah pertama adalah mengakses kembali Google Form untuk menyimpan hasil presensi online yang dibuat. Untuk mengakses Google Form Anda dapat mengklik link berikut: https://docs.google.com/forms

Setelah Google form Anda dapat melihat hasil partisipasi online. Yang anda lakukan ditandai dengan kotak berwarna merah seperti pada gambar. Setelah itu akan muncul gambar seperti ini.

Setelah muncul gambar seperti ini, untuk melihat hasil partisipasi online anda dapat memilih jawaban yang tertera pada gambar. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik ikon “Balas”. Jadi tampilannya seperti ini:

Hasil kehadiran dapat dilihat secara grafis untuk masing-masing siswa. Anda dapat memanfaatkan hasil partisipasi ini dengan menyajikan data dalam format Excel. Untuk melakukan ini, Anda dapat memilih ikon pintasan spreadsheet seperti yang ditunjukkan pada gambar merah.

Panduan Membuat Absensi Online Form

Kemudian akan muncul layar berikut: Anda hanya perlu memilih “Buat Dokumen Baru” lalu klik ikon tombol “Buat”.

Sekarang entri online yang Anda buat menggunakan Google Form telah menjadi file Excel. Anda dapat menggunakannya sebagai referensi untuk mengajar atau mengevaluasi siswa. Sangat sederhana dan bermanfaat bukan?

Kehadiran teknologi digital dalam aktivitas kita sehari-hari. Dengan adanya teknologi digital, kita semakin mudah dalam melakukan berbagai hal. Jika dilakukan secara manual maka akan memakan waktu lama dan informasi yang didapat tidak benar.

Membuat Absen Online Google Form

Menggunakan metode online membuat banyak hal menjadi lebih mudah bagi kita, sehingga waktu yang kita dedikasikan untuk bekerja menjadi lebih singkat dan kinerja kita menjadi lebih baik dan efisien.

Cara Membuat Absen Di Google Form Pakai Template, Praktis & Bagus

Oleh karena itu Anda perlu memanfaatkan frekuensi online karena sangat berguna untuk digunakan. Dan hasil dari absensi lebih mudah karena semuanya dilakukan oleh sistem. Jika dilakukan secara manual maka keakuratannya akan lebih rendah dan human error akan lebih besar terjadi.

Kita dapat memilih sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan manajemen kehadiran kita. Menggunakan kehadiran online juga memerlukan sosialisasi dan pelatihan. Artinya partisipasi secara online bisa efektif dan efisien. Di era digital saat ini, formulir kehadiran online seperti Google Formulir adalah solusi yang membantu bisnis mengelola kehadiran mereka dan menggantikan metode tradisional. .

Google Forms sendiri dirancang agar mudah digunakan oleh siapa saja dan tidak memerlukan pengetahuan luas untuk membuat atau mengelola formulir.

Seperti dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah menciptakan pengalaman yang hebat dan menarik dengan Google Formulir.

Cara Membuat Google Form

Lihat petunjuk rinci tentang cara mendaftar absensi secara online menggunakan formulir Google di bawah ini.

Pertama, buka browser web Anda dan buka halaman Google Formulir atau klik di sini. Pastikan Anda memiliki akun Google dan masuk dari sana. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat memulai dengan membuatnya.

Setelah mengakses halaman Google Formulir, klik tombol “+Kosong” atau “Buat” untuk membuat formulir baru. Anda akan diarahkan ke layar pengeditan.

Membuat Absen Online Google Form

Kemudian masukkan nama formulir, seperti “Daftar Kehadiran” atau “Karyawan Tanpa Nama”. Anda dapat menambahkan deskripsi singkat.

Cara Membuat Absen Kelas Online Dengan Google Form

Pada langkah selanjutnya Anda bisa mengganti kata “Ask” atau “sesuatu yang tidak disebutkan namanya” dengan “Clock-in”. Tempelkan tanggal ke kolom di kanan atas.

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan terkait ketidakhadiran, seperti: B. pertanyaan pribadi, seperti “nama orang miskin”. Pilih jenis pertanyaan yang sesuai, seperti “Bentuk Singkat” untuk daftar atau “Pilihan Ganda” untuk daftar.

Di bagian Pilihan Ganda atau Formulir Singkat, tambahkan opsi atau pilihan yang sesuai dengan entri Anda. Misalnya jika menggunakan pilihan ganda, sertakan nama karyawan sebagai pilihan jawaban. Bila menggunakan formulir singkat, karyawan hanya perlu mencantumkan nama lengkapnya.

Google Forms memungkinkan Anda mengubah tampilan formulir sesuai keinginan Anda. Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, gambar latar belakang, atau mengatur warna tema. Untuk mengakses pengaturan ini, klik opsi Tema di bagian atas halaman.

Cara Membuat Absensi Di Google Form Menggunakan Batas Waktu

Setelah Anda selesai menyiapkan formulir pendaftaran, klik tombol Bagikan atau Kirim di kanan atas halaman. Anda dapat mengirimkan tautan melalui email, menyalin tautan untuk dibagikan di platform media sosial, atau menyematkan tautan di web.

Setelah karyawan mengisi formulir kehadiran, Anda dapat melihat dan menganalisis data yang dikumpulkan secara real time. Anda dapat mengakses informasi ini melalui formulir Google Sheets yang dilampirkan pada formulir atau melalui tampilan Tanggapan di halaman Google Formulir.

Salah satu fitur Google Form yang dapat mempermudah partisipasi adalah formulir pilihan ganda. Hal ini memungkinkan Anda membuat jadwal kehadiran karyawan dengan berbagai pilihan.

Membuat Absen Online Google Form

Klik tombol +Kosong atau Buat untuk membuat dokumen baru. Anda dapat memilih dokumen yang ada dari daftar dokumen yang tersedia di akun Anda.

Cara Membuat Absensi Online Dengan Google Form & Zoho

Klik kolom Tambah Pertanyaan untuk memasukkan pertanyaan pertama untuk pengajuan banding. Dari daftar opsi, pilih jenis pertanyaan Kotak Pilihan Ganda.

Pada kolom “Pertanyaan”, tuliskan pertanyaan tentang ketidakhadiran, misalnya “Pilih waktu kehadiran Anda”. Selanjutnya pada kolom Baris dan Kolom isikan jawaban yang sesuai dengan ketidakhadiran Anda.

Misalnya, di baris “Baca”, masukkan waktu yang dipilih, mis. Misalnya, “Pagi”, “Siang”, “Rumah”, dll. Di kolom “Kolom”, masukkan opsi respons seperti “Saat Ini”, “Tidak Saat Ini”, atau “Memenuhi Syarat”.

Anda dapat menambahkan pertanyaan tambahan seperti “Nama”, “Judul” atau “Tanggal” dengan mengklik tombol “Tambahkan pertanyaan” di sebelah pertanyaan. Pilih jenis pertanyaan

Membuat Absen Online Dengan Tanda Tangan Menggunakan Google Form

Leave a Comment